Sedikit Tentangku

July Ninth

07 Sya’ban 1432

Sabtu, 09 Juli 2011 / 07 Sya’ban 1432

Now is July. Nothing special with this month. Yea, actually there’s no special thing in July. Even PSSI held The Unusual Congress (Kongres Luar Biasa) on this month, today, in Solo, the city where I live these days. Seperti bulan-bulan lain, bulan Juli hanyalah bulan biasa. sekedar sarana untuk menghitung waktu; menandai masa; mengenang momen…. Segala yang dikaitkan dengan bulan ini sejatinya hanyalah kebetulan…. Kebetulan terjadi pada bulan ini, tanggal itu, tahun anu….

Dalam lingkup keluargaku juga demikian…. Sebenarnya tak ada yang spesial dengan bulan Juli…, terkhusus tanggal ini…. Namun ku yakin ada tahun di mana mereka berbahagia pada bulan dan tanggal ini…. Tepatnya, sekian puluh tahun yang lalu…. Hari di mana aku memulai hidup dengan tangis…. Aku yang dahulu dibanggakan oleh bunda, “Iki lho calon penggantine Habibi….” (waktu itu Habibi masih belum jadi presiden…. Bahkan belum jadi wapres…)

Tak terasa kini aku sudah bisa menulis… (eh, sudah lama ding…! J). Memang belum banyak yang bisa ku tulis…, tapi lumayan…. Mungkin hanya provil diriku yang sejak aku masuk dunia maya belum ku tulis….

Namaku Salman. Abdullah Salman. Dan untuk menandai bulan kelahiranku maka ku tambahkan At-Tammuzi, yang biasa ku singkat Tz. Memang bukan itu nama pemberian orang tuaku…. Sehingga wajar kalau aku pernah mendapat pertanyaan seperti ini:

  1. Knp U plh nma Salman? Pa zn m’sbbkn U m’plh nma tu? à ini pertanyaan dari temanku di madrasah…. Seorang yang tidak segender denganku….
  2. Knp U t’ksn lbh sneng de nma Salman drpd nma p’brian ortuU? à pertanyaan ini terlontar sekitar dua tahun setelah pertanyaan pertama, dengan penanya lain…. Kali ini kakak kelasku di ma’had…. Seorang cowok, mantan redpel Mamad (mjlh ma’hadQ).

Ku rasa tak ada salahnya kalau ku jawab kedua pertanyaan itu sekarang….

Begini….

Soal apa yang menyebabkanku memakai nama Salman, ku rasa itu tak perlu dipublikasikan…. Toh sang penanya juga sudah tau…. Namun seiring dengan berjalannya waktu, aku merasa semakin mantap dengan nama Salman…. Halitu karena suatu kali aku membaca tulisan Omar Nashiri (ktx, ni jg bkn nma yg sbnrx)…. Di bagian akhir buku Inside The Jihad dia melampirkan secara singkat biodata beberapa orang mujahidin…. Di sana juga disebutkan data Shamil Basayev, yang ternyata bernama lengkap Shamil Salmanovich Basayev. Bagian inilah yang menarik bagiku….

Untuk nama depanku, Abdullah, selain karena itu adalah nama terbaik, kiranya bisa ditebak sebab pemilihannya cukup dengan melihat gambar seorang mujahid pada foto provilku…

Untuk pertanyaan kedua….

Sebenarnya aku tidak punya maksud tidak menghargai nama pemberian orang tua…, buktinya setiap kali memperkenalkan diri (waktu bertemu seseorang) aku cenderung menyebutkan nama lahirku…. Memang, dalam banyak hal aku lebih sering memakai nama Salman…. Entah itu untuk menandai propertiku, alamat email-ku, blog-ku, sampai tanda tanganku….

Tidak ada masalah dengan nama pemberian orang tuaku…. Namun aku sering mendapati orang-orang yang yang kesulitan melafalkannya…. Di Sumberharjo (sbuah desa di kec. Eromoko, Wonogiri) banyak yang memanggilku “mas Abdul”…. Padahal waktu itu ada temanku (yang juga dikirim ke sana) yang mereka panggil “mas Abdul”…. Jadi rancu kan…? Atau, pernah ada orang yang (sepertinya waktu itu lagi marah) menyebutku “wis, Dul…!”. Kali ini memang tidak bias…, tapi asal tau aja…, AKU GAK BIASA DIPANGGIL “DUL”…. So, terus terang, aku risih!

Akhirnya, ku rasa lebih baik mereka, yang kesulitan menyebut panggilan asliku, memanggilku dengan Salman…. Menurutku itu lebih mudah…. Wa thab’an, aslam….

Soal pendidikan, aku alumni TA (Tarbiyatul Aulad) Al-Burhan, Jombang (1997), MI Yasi, Bangkalan (2004), dan terakhir SMPN I Wringinanom, Gresik (2007). Sampai sekarang masih belum ditakdirkan meneruskan pendidikan formal….

Maksudku, government education….

Tapi kalau ingovernment, ya masih lanjut lah…! Sekarang sudah kelas Lima ‘Aliyah….

Lima?

Iya! Kelas Lima….

Emang ada…?

Ada! Lha aku ini! (wong yg kls sembilan aj da kq…)

Lulusnya kelas berapa?

Tauk! Tanya asatidz aja….

Aku PUZINK…!!

Surakarta, 09      Juli      2011

07  Sya’ban  1432

16.56

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s