Daripada Nggak Sekolah

Maret 28, 2009

Kehidupan pesantren adalah kehidupan yang lain daripada yang lain. Mulai dari suasananya, rutinitasnya, kurikulumnya, bahkan cara makannya pun lain. Hal itu tentunya menimbulkan bekas tersendiri bagi para santri; bekas yang mungkin akan dikenang setelah berlalu selama beberapa tahun…. Bekas yang timbul memang berlainan, tergantung masing-masing pribadi….
Aku sendiri punya kenangan-kenangan yang mungkin akan ku ingat sampai aku dewasa. Salah satunya terjadi waktu aku masih duduk di kelas satu tsanawiyah. Waktu itu aku berjalan pulang dari masjid, di belakangku ada seorang ustadz praktik. Lalu sang ustadz berjalan menjajari langkahku, kebetulan aku berjalan sendiri pada saat itu.
Setelah memanggil namaku beliau bertanya,“kamu koq bisa mondok di sini itu motivasimu apa? Apa yang mendorong kamu untuk mondok?“ kira-kira begitu, kata-kata persisnya aku sudah lupa….
Kontan saja aku bingung. Aku nggak nyangka kalau hal itu yang bakal ditanyakan. Aku bingung harus jawab apa….
”Wah, nggak tau ya…. Lha wong saya ini cuma manut orang tua koq…. Disekolahkan si sini ya nggak papa…. Pokoknya menurut saya yang penting disekolahkan, daripada nggak sekolah, itu saja…” akhirnya jawaban itulah yang keluar dari mulutku…. Yah…, gimana lagi, nyatanya memang begitu….
Aku nggak tau bagaimana ekspresi wajah sang ustadz…. Hanya saja waktu aku jadi teman beliau (saat aku kelas satu aliyah), beliau pernah cerita:
“Anak ini ditanyain koq jawabnya kurang ajar, batinku waktu itu.”
Setidaknya aku harus bersyukur kepada Alloh yang telah menggerakkan orang tuaku untuk memasukkanku ke pesantren. Kalau aku nggak nyantri, jadi apa aku? Dan untungnya Alloh menjadikanku anak penurut. Coba kalau aku dijadikan anak pembangkang (NA’UDZUBILLAH), mungkin aku sudah seperti anak-anak sebayaku…. Ya, ikut memeriahkan hari ini…, hari kebodohan; hari coklat; hari gombal; hari merah jambu; hari yang disebut hari valentine…. Yah, karena (kata temanku) aku punya modal….

Surakarta, Sabtu sore 14 Februari 2009
18 Shovar 1430
16.40

Tinggalkan Balasan

