Islam Itu Indah

Maret 28, 2009

Ditengah berbagai hujatan terhadap Islam, banyak orang yang membela diri. Namun terkadang pembelaan diri itu terlalu berlebihan, sehingga umat lupa terhadap ajaran agama mereka. Mereka bilang:

Islam cinta damai.

Islam agama kasih sayang.

Islam bukan agama pedang..

Islam bukan teroris.

Islam agama universal.

Islam itu demokratis.

Semuanya benar, kecuali yang terakhir…. ISLAM TIDAK DEMOKRATIS, itu yang benar…. Hanya saja semuanya perlu sedikit diperinci….

Islam cinta damai. Benar, Islam sangat mendukung perdamaian. Islam datang dengan kedamaian, lahir maupun batin. Bahkan terhadap musuh pun Islam lebih mengutamakan perdamaian. Hal ini nampak dalam tiga point yang diajukan kepada musuh: masuk Islam, perdamaian (dengan syarat membayar jizyah), atau perang. Musuh yang masuk Islam jelas tidak akan diperangi. Kalau musuh enggan masuk Islam, masih tersisa dua pilihan. Dan yang didahulukan diantara keduanya adalah perdamaian. Kalau musuh memilih damai, Islam akan menghargai keputusan itu. Islam memberikan tempat bagi musuh yang mau berdamai. Dan nyatanya, segolongan ahli kitab pada zaman Rasul lebih memilih berada di bawah kekuasaan muslimin daripada berada di negeri mereka sendiri….

Namun Islam sangat menentang pengkhianatan. Islam menolak pelanggaran terhadap syari’at. Ketika musuh berkhianat, tiada kata damai. Ketika syari’at diterjang, hukuman musti ditegakkan, sesuai dengan kadar pelanggaran yang dilakukan….

Islam agama kasih sayang. Ya, dalam banyak ayat-Nya Allah memerintahkan orang-orang beriman untuk saling berkasih sayang. Di samping itu Allah juga memerintah mereka untuk bersikap keras terhadap orang-orang kafir. Bukan pilih kasih, tapi itulah kasih sayang. Bukankah untuk membenahi mobil peyok diperlukan tekanan atau pukuan-pukulan keras? Begitulah, besarnya tekanan atau banyaknya pukulan tergantung tingkat kerusakan….

Islam bukan agama pedang. Islam adalah agama Allah. Dan Islam akan tegak dengan petunjuk Al-Qur’an serta sokongan pedang (QS. 57:25). Artinya, pedang dignakan untuk membabat rintangan yang menghadang, tidak untuk memaksa orang.. Islam disebarkan dengan pengajaran-pengajaran, tidak dengan tipuan-bujukan, tidak pula dengan pedang. Pedang hanya digunakan sebagai pembabat rintangan dakwah.

Islam bukan teroris. Islam tidak menyuruhkan untuk saling teror. Terlalu berlebihan jika orang bilang bahwa Islam datang menebar teror. Islam hanya akan meneror musuh yang pantas diteror.

Islam agama universal. Islam datang mengatur segala keperluan manusia. Islam tidak hanya berisi akidah. Islam juga mengatur adab, akhlak, perundang-undangan, politik, pidana, ekonomi, hubungan sosial, dan sebagainya…. Bahkan makan pun diatur dalam Islam. sehingga semua langkah manusia harus berlandaskan Islam. Budaya yang tidak sesuai dengan Islam harus ditinggalkan. Sistem-sistem yang menyelisihi Islam harus dihancurkan. Hanya syari’at Islam yang pantas mengatur dunia, hanya umat Islam yang layak memimpin dunia….

Karena Islam itu indah….

Surakarta, Jumat 06 Maret 2009

09 R.Awal 1430

Entry Filed under: Anwaa’. .

1 Comment Add your own

1.  uvi07  |  Maret 30, 2009 at 1:58 pm

assalamu’alaikum…..
walhamdulillah, mamng tu ISlam Indah, bahkan lebih indah lagi bila kita mo ngamalken yak….

yak opo kabare rek???

ni blog lebih indah lagi klo ada widgets yang rame gitu…
he,…
jazaakalloh khoir dah sedia tuk mampir….

wa’alaikumussalam…
kabar apik cak…
sebenernya ana mo apikin…, but ana tak ada guru ni…
ente mau jadi guru ana?
bolee… gratis koq…
hehe…
jazakalloh khoir juga dah sedia mampir…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s